Langit-langit mimpi SDN Kelapa 02 (foto by Om @hairilsaleh)

Wuahhh. Hari inspirasi pun selesai dengan sukses dan bahagia. Kami pun berpamitan dengan guru-guru SDN Kelapa 02 dan menyematkan pin KIJP Batch 4 di dada mereka. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru SDN Kelapa 02 yang telah berbakti kepada negara dengan mengajar anak-anak SD yang super enerjik di sini. Bak pelita, jasamu tiada tara…

Foto bersama relawan pengajar dan guru SDN Kelapa 02

Dengan meggunakan becak, kami pun kembali ke penginapan kami yaitu penginapan milik Pak Rambo. Sambil berbaring diatas lantai, saya dan beberapa teman relawan bertukar kisah mengajar kami hari ini dengan dibumbui sedikit gosip khas anak-anak remaja putri. Wahaha. Semakin seru ternyata setelah tahu bahwa beberapa dari kami berusia tidak begitu jauh yaitu angkatan 89 akhir : )). Setelah puas leyeh-leyeh kami pun menghabiskan waktu senja kami dengan selo-selo di pantai dan berpetualang menuju penangkaran penyu di Pulau Kelapa-yang-sebelah-sana. Dengan perahu sampan seadanya akhirnya kami sampai di lokasi penangkaran penyu dan bertemu dengan rombongan sebelumnya.

IMG-20151022-WA0006

Sayangnya lokasi sudah ditutup untuk pengunjung karena pemilik kunci sudah meninggalkan arena pameran. : )) sia-sia? Enggak. Soalnya kalo ga jalan-jalan begitu mungkin kami ga bakal seakrab ini sekarang :’)) (dan ga bakal banyak foto narsis pake go pro sih) : ))

Singkat cerita, malam ini adalah malam kedua sekaligus malam terakhir kami di pulau ini. Bersama seluruh relawan Harapan – Kelapa kami melangsungkan rapat penutupan sambil evaluasi sedikit di malam itu. Esok harinya, kami berangkat ke kapal paling pagi dibandingkan relawan dari pulau lainnya. Yap… karena kami di pulau terjauh, Pulau Harapan – Kelapa.

Alhamdulillah… rangkaian acara KIJP Batch 4 berjalan dengan baik dan menyenangkan. Saya sendiri merasa mendapatkan banyak inspirasi dari kegiatan ini, dari banyak relawan, teman baru yang saya kenal di sini. Mereka, para relawan yang sangat inspiratif, rela meluangkan waktunya di tengah aktivitasnya yang sangat keren di tempat tinggalnya sana, demi menginspirasi anak-anak di pulau ini. Saya merasa sungguh beruntung bisa diterima untuk bergabung bersama komunitas ini.

Harapan saya, semoga suatu hari nanti bisa kembali ke pulau ini dan berkontribusi dalam hal peningkatan kualitas lingkungan di sana. Iyaaa.. kesadaran lingkungan masyarakat di Pulau Kelapa bisa dikatakan masih sangat rendah. Ingin sekali bisa bergerak mengajak mereka mulai mengelola sampahnya. Karena dengan kondisi pulau kecil berada di tengah perairan, sampah sisa kegiatan sehari-hari akan menumpuk di tempat yang sama. Tanpa pengelolaan yang berarti, pulau ini bisa penuh dengan sampah nanti atau laut sekitarnya akan tercemar dan biota laut akan mati…

Saya masih harus banyak belajar untuk bisa mewujudkan itu. Dan semogaaaaa saya punya konsistensi untuk setidaknya berusaha membuat itu terjadi.

Pemandangan di Dermaga Pulau Harapan, Pagi Sebelum Kembali Pulang (foto by @hairilsaleh)

Full Team Relawan SDN Kelapa 02 yang Keren abiiiiez!

So, teman-temaaan… ayo ikutan Kelas Inspirasi (lagi)…

Info jadwal Kelas Inspirasi bisa dilihat di sini kelasinspirasi.org

Video kami di SDN Kelapa 02 yang dibuat oleh Kak Raisa dan Kak Allan bisa dilihat di sini dan di sini .

Terima kasih sudah membaca!

Ciaow!!!

One thought on “Menginspirasi dan Terinspirasi di Pulau Harapan – Kelapa (KIJP Batch 4) – Bagian 3